Pagi masih dingin ketika sekelompok orang berkumpul di tepian hutan. Mereka bukan sekadar warga biasa, melainkan tim penjaga hutan yang bertugas melindungi dan menjaga kelestarian kawasan hutan di wilayah Kahayan Hilir, Kalimantan Tengah.
Namun sebelum satu langkah kaki masuk ke hutan, sebelum pohon dihitung atau jejak satwa dilacak, mereka berhenti. Diam. Lalu mulai menyiapkan sesuatu: Ma Ancak, ritual adat permisi kepada penjaga hutan yang tak kasat mata.
“Kami tidak bisa masuk begitu saja. Ada yang lebih dulu menempati hutan ini. Kita harus permisi,” kata Alius, anggota tim sekaligus mantir adat Kalawa yang memimpin prosesi pagi itu.
Ritual Sebagai Bentuk Etika Ekologis

Alius, Mantir adat Kalawa melaksanakan ritual adat Mak Ancak. Sumber foto: KPSHK.
Ma Ancak bukan sekadar tradisi turun-temurun. Ini adalah cara masyarakat menjaga relasi spiritual dan ekologis dengan hutan. Dalam kepercayaan lokal, hutan adalah ruang hidup yang punya roh, energi, dan penjaga. Oleh karena itu, sebelum aktivitas apapun baik melaksanakan riset, atau patroli hutan dilakukan, masyarakat wajib menggelar ritual ini.
Tim penjaga hutan datang membawa sesajen yang sudah disiapkan secara saksama, seperti
ayam kampung, telur, nasi ketan merah dan nasi putih, kue tradisional, sirih, pinang, ketupat, air putih, rokok linting, dan satu hal yang tak boleh tertinggal, sebotol air Fanta merah.
“Warna merah itu lambang kehidupan. Fanta adalah lambang niat manis kami untuk datang tidak merusak, tapi menjaga,” jelas Hikia, ketua tim penjaga hutan Kalawa yang bertugas menyiapkan sesajen.
Hutan Bukan Sekadar Wilayah, Tapi Ruang Hidup
Sesajen diletakkan di bawah pohon besar di batas hutan. Doa-doa dalam bahasa adat mengalir pelan dari mulut Alius. Tidak semua anggota tim mengerti maknanya kata demi kata, tapi mereka semua memahami tujuannya: permisi.
Ritual ini bukan tentang mistik, tapi tentang sikap manusia terhadap alam. Ia menjadi penanda bahwa hutan bukan ruang bebas yang bisa dimasuki kapan saja. Ia adalah ruang yang hidup, dan harus dihormati.
Bagi tim penjaga hutan, ritual ini menjadi cara untuk menegaskan kembali niat mereka. Mereka bukan datang sebagai penguasa, tapi sebagai penjaga. Mereka tidak hanya membawa catatan dan kamera, tetapi juga rasa hormat dan nilai adat yang masih terjaga.
Menjaga Hutan Dimulai dengan Rasa Hormat
Ketika sesajen telah diletakkan dan doa selesai dibacakan, rombongan mulai bergerak pelan masuk ke dalam hutan. Tak ada suara gaduh, tak ada teriakan semangat. Yang ada hanya langkah-langkah ringan yang membawa niat baik.

Tim Penjaga Hutan LPHD Kalawa. Sumber foto: KPSHK.
“Kami percaya, kalau kita permisi dengan benar, hutan akan bersahabat,” ujar Miskun, salah satu anggota tim penjaga hutan Kalawa sambil menatap tajuk pohon yang menjulang.
Melalui Ma Ancak, masyarakat membuktikan bahwa kearifan lokal bisa berjalan selaras dengan pendekatan konservasi modern. Tidak ada konflik antara spiritualitas dan ilmiah, karena keduanya sama-sama lahir dari satu hal: kepedulian pada alam.
Ma Ancak, Nilai yang Mengikat Masyarakat dan Hutan
Arus perubahan zaman dan tekanan terhadap hutan membuat Ma Ancak menjadi jangkar nilai yang menjaga pijakan masyarakat. Tradisi ini melindungi bukan hanya keberadaan hutan, tetapi juga identitas dan martabat para penjaganya.
Tim penjaga hutan percaya bahwa pelibatan masyarakat dalam menjaga hutan bukan hanya soal teknis, tapi juga soal menghormati cara hidup mereka sendiri. Ma Ancak adalah salah satu bentuk cara hidup itu yang penuh makna, penuh kesadaran, dan penuh tanggung jawab.
Penulis: Alma
Editor: JW
The morning was still chilly when a group of people gathered at the edge of the forest. They weren’t just ordinary villagers, but a team of forest rangers tasked with protecting and preserving the forest area in the Kahayan Hilir region of Central Kalimantan.
But before they even took a single step into the forest, before they counted the trees or tracked the animal tracks, they stopped. They were silent. Then they began preparing something: Ma Ancak, a traditional ritual of asking permission from the invisible forest guardians.
“We can’t just enter. Someone has occupied this forest before us. We have to ask permission,” said Alius, a team member and Kalawa traditional leader who led the morning’s procession.
Ritual as a Form of Ecological Ethics

Alius, the Kalawa traditional leader/Mantir, performs the Mak Ancak traditional ritual. Photo source: KPSHK.
Ma Ancak is not just a tradition passed down through generations. It is the community’s way of maintaining a spiritual and ecological relationship with the forest. In local beliefs, the forest is a living space with spirits, energy, and guardians. Therefore, before any activity, whether research or forest patrols, the community is required to perform this ritual.
The forest ranger team arrives bearing carefully prepared offerings, such as free-range chicken, eggs, red and white sticky rice, traditional cakes, betel, areca nut, ketupat (rice cakes), water, rolled cigarettes, and one thing that must not be left behind: a bottle of red Fanta.
“Red symbolizes life. Fanta symbolizes our sweet intention to come not to destroy, but to protect,” explained Hikia, the head of the Kalawa forest ranger team, who was in charge of preparing the offerings.
The Forest Is Not Just a Territory, But a Living Space
The offerings are placed under a large tree at the edge of the forest. Prayers in the indigenous language flow softly from Alius’s mouth. Not all team members understand the meaning word for word, but they all understand the purpose: permission.
This ritual is not about mysticism, but about human attitudes toward nature. It signifies that the forest is not a free space that can be entered at any time. It is a living space, and must be respected.
For the forest ranger team, this ritual serves as a way to reaffirm their intentions. They come not as rulers, but as guardians. They bring not only notes and cameras, but also a sense of respect and well-preserved traditional values.
Protecting the Forest Begins with Respect
Once the offerings have been placed and the prayers have been recited, the group begins to move slowly into the forest. There is no commotion, no shouts of encouragement. There are only light steps carrying good intentions.

The Kalawa LPHD Forest Guard Patrol Team. Photo source: KPSHK.
“We believe that if we give permission properly, the forest will be friendly,” said Miskun, a member of the Kalawa forest ranger team, gazing at the towering tree canopy.
Through Ma Ancak, the community proves that local wisdom can coexist harmoniously with modern conservation approaches. There is no conflict between spirituality and science, because both are born from one thing: concern for nature.
Ma Ancak, Values ​​That Bind Community and Forest
The changing times and pressures on the forest have made Ma Ancak an anchor of values ​​that maintain the community’s foothold. This tradition protects not only the existence of the forest, but also the identity and dignity of its guardians.
The forest ranger team believes that community involvement in forest protection is not just a technical matter, but also a matter of respecting their own way of life. Ma Ancak is one form of that way of life, full of meaning, awareness, and responsibility.
Writer: Alma
Editor: JW
Add a Comment